Minggu, 04 Maret 2012

Tentang Logo ITS



LOGO ITS
Konsep identitas ITS dibangun atas dasar sejarah, pengalaman, dan senioritas ITS dalam melayani masyarakat di bidang pendidikan, riset, dan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni untuk mendapatkan kemaslahatan umat. kekuatan dan cita-cita luhur itu disimbolkan sebagai trilogi kecepatan, ketegasan, dan kesucian. kecepatan divisualisasikan dengan komposisi garis dan bidang yang dinamis namun balanced dan rigid; ketegasan dilambangkan dengan elemen bentuk yang jelas dan tidak ambigu; kesucian dipresentasikan dengan harmoni estetika yang fungsional.

LOGOGRAPH "RODA GIGI - TUGU PAHLAWAN -BUNGA WIJAYAKUSUMA DALAM PERISAI"
berarti:
sejarah kepahlawanan sepuluh nopember menjadi sumber inspirasi dan semangat yang selalu tertanam dan terbingkai di dalam hati sanubari seluruh civitas akademika ITS untuk membangun kompetensi generasi muda dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.


RODA GIGI - TUGU PAHLAWAN - BUNGA WIJAYAKUSUMA BERWARNA PUTIH YANG TERBINGKAI DALAM PERISAI BERWARNA BIRU
berarti:
visi dan misi ITS yang putih dan suci merupakan cita-cita tinggi dan niat luhur yang mampu menembus batas-batas imajinasi, seluas dan setinggi langit lazuardi dan selalu dapat beradaptasi dengan perubahan. warna biru didefinisikan dengan rumus; O100, Y=0 dan K=0, yang selanjutnya didefinisikan sebagai "Biru ITS".


LOGOTYPE ITS DIDEFINISIKAN DENGAN HURUF FRIZQUADRATA


Frizquadrata adalah huruf yang berbentuk "typeface" tegas dan sederhana, namun tetap memiliki nilai artistik yang digambarkan dengan harmoni garis tebal tipis, lurus lengkung, dan serif (strip/kait) yang minimalis. bentuk huruf ini mempertegas arti bahwa kekuatan sejarah, pengalaman, dan senioritas ITS dalam bidang pendidikan, riset, dan pengembangan ilmu pengetahuan-teknologi-seni, adalah modal utama untuk meraih keunggulan daya saing yang adaptif dengan segala perubahan.


LOGOTYPE ITS DAN TULISAN INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER


komposisi ini adalah bangunan utuh yang mempresentasikan ITS sebagai rumah ilmu pengetahuan-teknologi-dan seni yang kental dengan budaya creativity, innovation, dan networking; sedangkan teks kepanjangannya menyimbolkan fondasi kokoh dari komponen-komponen kecerdasan kuantitatif, verbal, visual, motorik, audio, interpersonal yang dibangun secara seimbang dan sinergis. komposisi ini secara harfiah juga dirancang untuk memperkuat brand name ITS yang merupakan singkatan inisial dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember.


komposisi seluruh elemen logo tersebut di atas membentuk logo ITS secara utuh yang selanjutnya diberi nama techno-shield, yang dapat diartikan bahwa ITS siap menghadapi segala tantangan dan peluang dengan berbekal perisai IPTEKS untuk selalu membela kemaslahatan umat 

"dikutip dari buku IPITS (Informasi dan pengenalan ITS) bagi mahasiswa baru 2011-2012"

Tim review identitas ITS beranggotakan delapan dosen senior. Mereka dipimpin Ketua Jurusan Desain Produksi (ralat : Desain Produk Industri) Baroto Tavip Indrodjarwo.
Para anggotanya adalah Mahmud Zaki (Teknik Fisika), Triyogi yuwono (dekan Fakultas Teknik Industri), Azhar Imron (dekan Fakultas Teknik Kelautan), Sudrajat (ketua PIMP-ITS), Agus Windarto (dosen Jurusan Dispro), Bambang Sumardiono (ketua Jurusan Arsitektur), Suyatman (dosen Dispro) dan Budiono (dosen Dispro).
Dispro = Despro (hanya masalah perbedaan ejaan desain/ disain pada masa lalu dan saat ini)
sumber :
http://www.lensaindonesia.com/2012/03/03/logo-its-dibajak-perusahaan-rusia-rektor-tempuh-jalur-hukum.html#comment-13107

sebagai mahasiswa Despro tentu saya bangga sekali. hehe. 


tentang logo ITS dapat dilihat juga disini
http://katamata.wordpress.com/2009/01/29/logo-its-surabaya/#comment-1854

LAMBANG ITS
LAMBANG ITS TERDIRI DARI GAMBAR-GAMBAR BERIKUT :

  • Tugu Pahlawan berwarna perak, yang melambangkan perjuangan kepahlawanan bangsa yang suci
  • Bunga Wijaya Kusuma berwarna kuning, yang melambangkan kader-kader pancasila yang berbudi pekerti luhur
  • Roda mesin bergigi berwarna biru tua (biru ITS) dan biru muda yang melambangkan keteknikan dengan masa depan yang terang
bila disusun dalam kalimat, lambang ITS itu berbunyi

perjuangan kepahlawanan bangsa yang suci menjadi harapan masa depan yang terang dalam bidang teknik

"dikutip dari buku IPITS (Informasi dan pengenalan ITS) bagi mahasiswa baru 2011-2012"

keren sekali ketika orang-orang dari berbagai jurusan bekerja sama. seperti tim perumus logo ITS yang baru yang disebutkan di atas tadi. mereka dapat sharing pengetahuan dan keahlian yang dimiliki masing-masing di tiap jurusannya.

semoga para mahasiswa ITS tidak terbelenggu dalam penjara arogansi yang terlalu dalam. karena dalam kerangka integralistik, kemajuan sedang menanti di depan mata.

VIVAT ITS!

1 komentar:

  1. Referensi dan kritik tentang Logo dan Lambang ITS dapat dibaca di http://katamata.wordpress.com

    BalasHapus

jangan lupa komentarnya yaaa :D
komentar anda adalah apresiasi untuk para blogger.