Minggu, 03 Februari 2013

mbolang by train

rutinitas kuliah yang begitu padat dan penat selama semester 3 ini membuat saya sangat menginginkan "pergi jauh" dari Surabaya saat liburan. hehe. beruntung teman-teman di railfans berniat mbolang ngalor ngidul (ngetan ngulon lebih tepatnya). gimana tidak, dalam 3 hari kita sudah mencapai Banyuwangi dan Jogjakarta. mereka memberi judul perjalanan ini adalah Joy Ride. hahaha. berhubung saya juga pengen ngerasain naik kereta sampai jauh jadi saya ikut.

begitu kuliah selesai, langsung bergegas menuju stasiun Gubeng. beli tiket kereta Tawang Alun, Sri Tanjung, dan Gaya Baru Malam Selatan. waktu itu minggu awal januari. sedangkan tiketnya untuk akhir januari, wkwkwk.

kita skip cerita langsung di hari H. tepatnya tanggal 28 januari 2013. pukul 7.30 aku dan teman-teman baruku telah berkumpul di stasiun Gubeng. kereta Penataran sampai di stasiun Gubeng pada pukul 7.45. Menggunakan Penataran kita akan berangkat menuju bhumi Arema :D

sekitar pukul 12.00, kita telah sampai di stasiun Malang Kota Baru. sambil menunggu kereta Tawang Alun datang, kita "cangkruk" dulu di warung Dipo. tempat biasanya railfans Malang berkumpul.

jam 13.30 kereta Tawang Alun tiba di stasiun Malang kota baru. langsung saja kita naik. lalu berhenti di stasiun Malang Kota Lama. ini pemberhentian terakhir Tawang Alun dari Banyuwangi. jadi kita harus turun di stasiun ini, menunggu Tawang Alun berangkat lagi menuju Banyuwangi pukul 15.00

foto diatas adalah suasana sekita seat saya saat kereta Tawang Alun berada di stasiun Bangil. tampak diluar terdapat Kereta Ketel (tanker) pertamina.

Perjalanan dari Malang ke Banyuwangi ini cukup melelahkan. karena sudah masuk malam hari sehingga tidak ada yang bisa dilihat pemandangan-pemandangan indah di timur jawa.

akhirnya sampai di stasiun Banyuwangi baru pukul 24.00. karena sudah terlalu malam, dan besok pagi berangkat lagi pukul 6.00, maka kami memutuskan tidak mencari penginapan :D

di Banyuwangi, kita bertemu anak Bandung yang benar-benar berjiwa backpaker. hahaha. berpetualang sendiri dengan modal menginap di kampung halaman orang lain. dia sudah mengubek-ubek kota malang, bromo, dan akhirnya bertemu kami di Banyuwangi. di Banyuwangi dia masih berniat ke baluran dan Bali, tapi sayang dia sudah beli tiket ke jogja untuk 2 hari ke depan.

suasana pagi hari di stasiun Banyuwangi Baru.

Selanjutnya kami naik Sri Tanjung untuk berangkat menuju Jogjakarta.

saat di dalam kereta makan.

pemandangan ujung timur pulau Jawa ini sangat berkesan, sayang saya tidak sempat foto. kereta meliuk-liuk melewati pegunungan yang ada di kabupaten Banyuwangi dan jember. keren sekali.

suasana stasiun Kalisat

kereta berhenti agak lama di stasiun wilangan, karena bersilangan dengan kereta lain.

perjalanan menggunakan kereta Sri Tanjung ini agak menyebalkan bagi penumpangnya. estimasi tiba di stasiun Lempuyangan (Jogja) adalah pukul 8.00, dan kenyataannya pukul 9.00 kita masih berada di kota Solo. haha. kalau saya pribadi mungkin memaklumi, karena saya hanya berlibur dan membayar murah. tidak ada kepentingan yang mendesak. namun untuk orang lain tentu sangat mengecewakan jika mereka mempunyai urusan yang mendesak. ya paling tidak ini menjadi pelajaran. untuk yang ingin ketetapatan waktu, pilihan terbaik ada pada kereta eksekutif dan bisnis. karena bagaimanapun kereta ekonomi akan dikorbankan untuk mendahulukan perjalanan kereta bisnis dan eksekutif. hahaha. sesuai dengan yang tertulis di website PT.KAI bahwa pengadaan kereta ekonomi adalah untuk memfasilitasi kalangan pelajar, mahasiswa, dan wisatawan dalam berlibur. ah sudahlah :D
sampai stasiun delanggu

akhirnya sampai di stasiun lempuyangan. berjalan kaki sampai stasiun tugu menuju angkringan :D
angkringan jogjaa

setelah puas makan dengan budget minim, kita cari penginapan. tak terbayang sebelumnya kalau aku dan teman-teman akan menginap di salah satu lossmen di daerah pasar kembang ._. masa bodohlah, yang penting tidurr!

pagi harinya kita ke stasiun Tugu untuk memesan tiket Prameks, ternyata tiket Prameks hanya bisa dibeli 2 jam sebelum keberangkatan. karena kita berencana berangkat ke Kutoarjo pukul 04.00, maka kita lanjut jalan-jalan di kota Jogja. melewati Jalan Malioboro, Benteng Vredeburg, dan nyasar-nyasar ke jalan Pathok.

stasiun Tugu Yogyakarta

Jalan Malioboro

Benteng Vredeburg

Minum Es Doger di pinggir jalan

Jam 3, saatnya balik ke Stasiun Tugu untuk membeli tiket Prameks. sambil nunggu motret-motret dulu :D

Suasana di dalam Stasiun Tugu Yogyakarta

prameks (prambanan ekspress) datang tepat waktu, segera kita berangkat menuju kutoarjo. satu jam kemudian kita telah sampai di Kutoarjo. akhir dari double track Solo :D
Stasiun Kutoarjo

Stasiun kutoarjo

di stasiun ini kita "Nggelandang" sampai jam 9 malam menunggu Gaya Baru Malam Selatan dari arah Jakarta. setelah kereta itu tiba, kita lanjut perjalanan ke Surabaya. sudah tentu untuk pulang. dan Alhamdulillah kita sampai Surabaya ketika adzan subuh mulai berkumandang.