Jumat, 06 April 2012

Laptop saya melewati svchost 100k kb

beberapa waktu lalu, laptop saya mengalami masa-masa yang menjengkelkan. kinerja RAM tiba-tiba selalu melonjak drastis, normalnya 30%. tapi lama-kelamaan malah mencapai 100%. kinerja RAM seperti itu tentu sangat mengherankan. karena laptop saya (waktu itu) hanya saya gunakan untuk bermain LOCOMOTION. sebuah permainan transportasi yang tak terlalu makan RAM besar. 

penasaran, saya cek task manager. ada banyak kata-kata svchost. sekitar 5-6 process. penasaran.. saya cek apa itu svchost di google. banyak definisi dan saran-saran yang diberikan untuk mengatasi svchost yang menggila ini. svchost sendiri bukanlah sesuatu hal yang harus ditakuti. ini cuman sebuah fitur windows yang membacking suatu prosess. (itu yang saya pahami). tapi svchost juga sering dijadikan oleh virus sebagai tempat nongkrong. jadi prosses svchost menjadi makan banyak RAM.

setelah googling, ada banyak masukan untuk mengatasi svchost yang menggila ini. disuruh download ini, disuruh download itu, ini, itu... dan tidak sukses.. setelah itu saya melihat kebelakang. beberapa hari yang lalu...

"karena mangkel dengan apa yang selalu dilakukan AVG, saya mematikan fitur resident shield di AVG. fitur itu merupakan semacam scan otomatis di laptop. dia selalu secara spontan muncul dan membuat saya kesal. hehe. dan sejak saat itu, svchost menjadi menggila."

lalu saya aktifkan lagi resident shield saya. lalu langsung virus-virus pada kedeteksi semua. dengan sabar, saya melihat kinerja AVG ini (AVG 2011). tapi, ada beberapa folder di C, dan D saya yang saya beri pengecualian agar tidak diperiksa oleh resident shield ini. folder-folder game saya kasih pengecualian. karena file-file game sering jadi sasaran tembak antivirus, padahal file tsb kita butuhkan. hehe.

setelah itu, laptop saya berjalan normal kembali :D svchost di task manager tidak lagi menggila, dan RAM saya bekerja normal kembali. (30% saat kondisi stand by).


bukan bermaksud promosi AVG ya.. tapi antivirus ini memang ampuh membasmi virus. bahkan file-file games yang saya butuhkan, ketika dianggap virus pun juga dibasmi oleh antivirus ini. tapi untungnya ada fitur pengecualian area yang di scanning. 


waktu itu laptop saya juga terkena virus yang kalau kita menggunakan klik kanan pada desktop, perintah itu tidak jalan. malah muncul dialog yang memberitahukan bahwa explorer bermasalah. keterangan masalahnya adalah BEX. saya tidak terlalu paham. tapi ketika resident shield saya aktifkan lagi, alhmdulillah masalah itu bisa teratasi.

2 komentar:

  1. Nice share teman, sayapun pake AVG..avg memang oke

    BalasHapus
  2. dan pada akhirnya AVG ternyata tak mampu mengatasinya. laptop saya harus install ulang --"

    BalasHapus

jangan lupa komentarnya yaaa :D
komentar anda adalah apresiasi untuk para blogger.