Sabtu, 21 Juli 2012

tentang software open source

sejak melihat website sang guru, saya jadi antusias mendownload dan mencoba software-software gratisan. tidak 100% sih. masih banyak juga software dengan crack yang nangkring di laptop. denger-denger, Indonesia termasuk negara yang parah dalam hal pembajakan (software dengan crack salah satunya). suatu saat harus ada solusi mengatasinya. salah satunya adalah beralih ke software gratisan (open source / freeware), hahaha. saya akan sharing software open source apa saja yang nangkring di laptopku.

software edit audio

software rendering 3d, tapi belum kepake di laptop saya. hehehe

kamu tahu winrar? ya! semacam itu tapi gratis :D

software semacam 3ds max. tapi gratis. hahaha

software pengolah bitmap semacam adobe photoshop. tapi jarang sekali saya gunakan. mungkin agak nggak minat sama yang namanya edit bitmap. untuk pengguna adobe photoshop mungkin bisa mencoba software ini.

edisi free google sketch-up, software pengolah 3d yang lebih mudah dipahami daripada blender atau 3ds max.

Best Free Image Converter (saya lupa link nya apa, nih saya kasih alternatifnya)
software buat merubah format (ekstensi) file. saya gunakan kalo mau merubah file png menjadi jpg. (karena inkscape gak bisa export dalam format jpg)

software pengolah vektor. alternatif buat yang biasa ngutak-atik corelDraw.

seperti internet download manager. namun performanya masih di bawah IDM.

software edit foto sederhana yang mudah untuk dipahami

UniConvertor (coba search di google)
software ini saya gunakan untuk merubah file cdr menjadi svg (inkscape tidak bisa mengolah cdr.) 

software edit video. belum banyak saya coba

dan software dengan crack yang ada di laptop saya adalah :

3ds max 2012
dalam urusan 3d, saya masih pake ini...

Autocad 2007
karena harus bisa pake software ini.. hehe

Macromedia 8
padahal gak pernah saya gunakan.

Microsoft Office 2010
hmmm.. no comment

Deep Freeze
ada gak ya software kayak ini yang open source?


Aurora 3d Presentation 2011
software presentasi berbasis 3d. alternatif buat yang bosen sama power point.

kapan ya bisa 100% tanpa crack... itu yang sering tepikir di otak saya. harusnya kurikulum TI di sekolah dasar, smp, sma, bahkan perguruan tinggi mewajibkan penggunaan software asli. asli beli.. mahal?? kalo mahal ya pake open source aja, gratis kan? hehe. biar ngurangin dosa juga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jangan lupa komentarnya yaaa :D
komentar anda adalah apresiasi untuk para blogger.